Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kediri ‘Naik Haji’



Wah, masih SMA sudah bisa naik haji, dimana lagi kalau bukan di SMA Negeri 1 Kediri. Tapi sebenarnya bukan naik haji sungguhan, hanya sekadar simulasi atau biasa disebut ‘Manasik Haji’.


Untuk mengawali serangkaian kegiatan Road to DN Smas’t ke-70, dilaksanakanlah Manasik Haji pada tanggal 7 September 2016.
Peserta manasik haji terdiri atas 5 Pa dan 5 Pi dari setiap kelas. Uniknya setiap tahun SMA Negeri 1 Kediri memiliki tradisi, yaitu selalu siswa-siswi kelas 12 seluruhnya mengikuti manasik haji.

Pada pukul 07.00 WIB para peserta manasik telah berkumpul di masjid At-Taqwa SMA Negeri 1 Kediri. Di sana mereka diberi arahan singkat mengenai pelaksanaan manasik haji oleh Bapak H. Asrori (Pengajar PAI Smas’t). Sebelumnya pada hari Senin, 5 September para peserta telah melaksanakan Gladi kotor di lapangan besar Smas’t.


Setelah semua persiapan siap, para peserta segera memulai kegiatan dipandu oleh Bapak H. Sunyoto, S.Pd, M.Si. dan Bapak H. Harjito, M.Pd.I untuk para siswa. Sedangkan para siswi dipandu oleh Ibu Hj. Dwi Ratnani dan Ibu Hj. Ariwati Wahyu Mumpuni, M.Pd. Selain itu para guru lain juga ikut serta membantu, ada bu Ratna, bu Rosidatul, pak Riza, pak Masduqi dan banyak lagi.

Meskipun matahari terik, semangat para peserta tak terpatahkan. Mereka tetap melaksanakan kegiatan tersebut dengan hikmat dan gembira, termasuk kita kelas 12 MIIA 8. Yang paling seru adalah disaat melempar Jumroh, bukan kerikil saja yang dilemparkan melainkan batu-batu berukuran besar dan bahkan batu bata ikut melayang xD.

Pelaksanaan manasik haji berjalan sekitar satu jam setengah. Para peserta berkumpul di masjid untuk beristirahat sembari memakan snack yang diberikan oleh panitia. Sebelum kegiatan ditutup dengan do’a, pak Asrori meminta beberapa perwakilan untuk menyatakan kesan dan pesan terhadap kegiatan manasik haji yang telah dilaksanakan.


Siapa tau berawal dari simulasi kecil di bangku SMA bisa menghantarkan kita ke tanah suci menjalankan ibadah Haji yang sesungguhnya, ya kan?
Amiin..Ya Rabbal Alamin…

0 komentar: