It’s About Pop Art


Menjelang Dies Natalis SMA Negeri 1 Kediri nih, ada yang tau apa tema yang dipakai Smas’t kali ini?
Yang identik sama warna-warna kontras dicampur aduk, lalu font-font dengan stroke tebal. Yaps, apalagi kalau bukan Pop art. Untuk DN ke-70 ini Smas’t mengambil tema Pop art. Mungkin banyak dari kita belum paham apa itu Pop art, termasuk kalian?

Pop art adalah seni visual yang dipengaruhi oleh gambar dan teknik dalam dunia periklanan pada abad 20, biasanya mengenai sifat konsumtif dan kultur pop pada masa lalu. Pada perkembangannya Pop art telah berubah menjadi sebuah cabang seni visual baru yang memiliki ciri khas unik. Seperti penggunaan objek sehari-hari sebagai tema utamanya (papan iklan, tokoh politik, penyanyi pop, komik, dan lain sebagainya). Nah, kalian semua pasti tau WPAP. WPAP masuk ke dalam kategori Pop art modern.


Ciri khas Pop art adalah penggabungan foto dan permainan warna yang berani, kadang juga disertai penggunaan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan si pembuatnya. Desain Pop art sering menggunakan teks berukuran besar dengan stroke yang tebal. Ciri khas seperti itu sering kita jumpai pada komik-komik Marvel, DC Comics dan kerabatnya yang lain. Sehingga banyak dari kita mengira seni aliran Pop art hanya terbatas komik bergaya barat, padahal sebenarnya bisa digunakan untuk bermacam media hiburan lain.

Semoga penjelasan singkat diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua ^^

0 komentar: